Memperkuat Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam ABFA

Oleh : Muhammad Subhan
(Direktur LPI ABFA Pamekasan)

Saya ikut bangga ketika ada sekolompok orang atau banyak kemudian mereka berkumpul dan share tentang pentingnya pendidikan berkualitas untuk umat di negeri ini.

Hal ini terungkap saat acara Peresmian Pembukaan SD Islam Terpadu ABFA Pamekasan pada tanggal 07 Juni 2014 waktu 6 (enam) tahun yang lalu. Hadir dalam acara peresmian tersebut Bapak Drs. Moh. Kholil Asy’ari (Wabup Kabupaten Pamekasan) Bapak Suryanto (Kabid Ketenagaan ), Bapak Prama Jaya (Kabid Dikdas), Bapak Sujud (Kabid Kepengawasan dan PLS), Pengawas dan penilik serta tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut saya memberikan sambutan atas nama Yayasan Al-Faqih, dimana secara umum saya menyatakan bahwa keberadaan SDIT ABFA Pamekasan adalah Lembaga Pendidikan/ Sekolah yang akan mencoba memadukan secara harmonis dan seimbang dalam implementasi pembelajarannya antara apa yang disebut sebagai “ayatul qauliyah” berupa ajaran Al Qur’an dan Hadis Nabi yang suci sebagai petunjuk dan pedoman hidup (minhajul hayah) dan “ayatul kauniyah” berupa segala fenomena alam yang perupakan sunnatul kaun yang menjadi sarana dan fasilitas kehidupan (wasailul hayah).Dengan perpaduan yang harmonis dan seimbang maka SD Islam Terpadu ABFA bisa membebaskan dirinya dari keterjebakan arus “sekulerisasi kurkulum”, ataupun kejumudan dalam arus “sakralisasi kurikulum”.

Karena Lembaga Pendidikan/ Sekolah Islam yang ideal adalah Lembaga Pendidikan/ Sekolah yang melibatkan peran serta guru, orangtua dan masyarakat sesuai dengan proporsinya. Artinya, SD Islam Terpadu ABFA diharapkan bisa menjadi lembaga yang bisa melahirkan generasi yang berkualitas dan menjadi tanggung jawab bersama antara negara, Lembaga Pendidikan/ Sekolah, orangtua dan masyarakat. Pengelolaan Lembaga Pendidikan/ Sekolah yang efektif mestinya melibatkan peran serta keempat pihak tersebut, sesuai dengan peran dan fungsinya. Negara, dalam hal ini pemerintah, memberi dukungan, kemudahan dan perlindungan bagi terselenggaranya Lembaga Pendidikan/ Sekolah, Orangtua dapat memberi masukan, membantu memperkaya proses belajar, menjadi nara-sumber dan fasilitator dalam berbagai kegiatan Lembaga Pendidikan/ Sekolah. Masyarakat dapat membantu menyediakan sumber dan fasilitas belajar tambahan yang ada di luar Lembaga Pendidikan/ Sekolah.

Lingkungan yang baik juga merupakan salah satu criteria penting bagi Lembaga Pendidikan/ Sekolah Islam. Lingkungan yang bersih, rapih, sehat dan nyaman merupakan syarat mutlak bagi Lembaga Pendidikan/ Sekolah Islam. Lembaga Pendidikan Sekolah Islam seharusnya juga mampu menciptakan suasana pergaulan dan interaksi yang Islami: santun, saling menyayangi dan menghormati, saling melindungi dan saling berbagi. Cerminan Lembaga Pendidikan/ Sekolah Islam yang baik juga ditunjukkan oleh warganya yang tertib, disiplin dan rapih.

Selamat dan Sukses telah diresmikannya SD Islam Terpadu ABFA oleh Wakil Bupati Pamekasan yang disaksikan oleh Rombongan Dinas Pendidikan, Tokoh Masyarakat dan Masyarakt secara umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *