Keutamaan Menyegerakan Berbuka

Oleh : Hj. Sariti, S.Pd., M.Pd
Kepala Sekolah PAUD Terpadu ABFA Pamekasan

Waktu berbuka puasa ditandai dengan terbenamnya matahari. Saat adzan maghrib mulai berkumandang, segeralah untuk berbuka puasa karena hal itu sunnah. Waktu berbuka puasa menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim setelah seharian berpuasa. Saat berbuka, ada anjuran untuk menyegerakan. Maksudnya bukan buka puasa sebelum waktunya, tetapi segera batalkan puasa saat adzan maghrib mulai berkumandang. Tidak perlu menunggu adzan sampai selesai atau setelah sholat maghrib.

عن سهل ابن سعد رضي اللَّه عنه قال، رسول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :
لَا يَزَالُ اَلنَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا اَلْفِطْرَ

Dari Sahal Ibnu Sa’ad radliyallaahu ‘anhu
bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Manusia akan tetap dalam kebaikan selama mereka mensegerakan berbuka” (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098).

Dalam keterangan berbeda Kitab Bukhori Nabi Muhammad SAW bersabda :

إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَا هُنَا ، وَأَدْبَرَ النَّهَارُ مِنْ هَا هُنَا ، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ ، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ(رواه البخاري، رقم 1954 ومسلم، رقم 1100

Artinya: Jika malam menjelang di sini dan siang pergi di sini, dan matahari terbenam, maka orang yang berpuasa hendaknya berbuka. (HR. Bukhari, nomor 1954, Muslim, 1100)

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:

1- Salah satu sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika berpuasa adalah bersegera dalam berbuka dan tidak menunda-nunda ketika waktu berbuka telah tiba.
2- Disunnahkan bersegera berbuka. Para ulama telah sepakat atas hal tersebut.
3- Jika telah jelas terbenamnya matahari dengan pengelihatan mata, atau berita orang yang terpercaya, atau persangkaan kuatnya bahwa matahari telah terbenam dan saat kumandang adzan maghrib maka bersegera berbuka.
4- Mensegerakan berbuka adalah tanda kebaikan, selama orang bersegera berbuka, maka kebaikan akan sentiasa bersamanya, namun jika ia mengakhirkannya kebaikan itu akan hilang pula.
5- Kebaikan yang yang diisyaratkan dalam hadits tersebut adalah kebaikan karena mengikuti sunnah.
6- Tidak diragukan bahwa mengikuti sunnah adalah sebab kebaikan dunia dan akhirat.

Semoga bermanfaat. Wallahua’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *