Keunggulan

Keunggulan LPI ABFA Pamekasan dapat dilihat pada sekolah-sekolah yang diselenggarakan, yaitu : (1) Taman Pengasuhan Anak (TPI) ABFA, (2) PAUD Terpadu ABFA (KB & TKIT), (3) SD Islam Terpadu ABFA, (4) Madin Awwaliyah, Wustha ABFA dan (4) Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), dan (5) Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Faqih. Berikut beberapa keunggulan sekolah ABFA Pamekasan.

1. Sistem Fullday School Berbasis Pendidikan Karakter
TK Islam ABFA Pamekasan diselenggarakan dengan sistem semi fullday preschool, sedangkan SD slam Terpadu  ABFA Pamekasan dengan sistem fullday school. Dengan sistem fullday school (sekolah sehari), siswa tidak hanya mengikuti pembelajaran yang baik melainkan mendapatkan lingkungan sosial terdidik sehari dalam rangka pembentukan karakter secara penuh. Lebih dari itu, dengan sistem semi fullday preeschool (TK) dan sistem fullday school (SD), para orang tua lebih ringan dalam melakukan pengawasan putra-putrinya, terutama para orang tua yang suami-istri sibuk mencari nafkah dan atau meniti karir. Daripada siang hari anak-anak tinggal di rumah dan di masyarakat tanpa pengawasan orang tua, lebih baik anak-anak belajar dan bermain di sekolah sepanjang hari dengan sarana-prasarana pendidikan yang lengkap, aman, nyaman, penuh kekeluargaan, dan menyenangkan, serta pengawasan kepala sekolah dan guru profesional.

2. Mengadopsi Pembelajaran Negara Maju
Pembelajaran di sekolah ABFA Pamekasan mengadopsi pembelajaran di negara-negara maju, seperti Finlandia, Singapore, Thailand, Turki, Madinah yaitu menggunakan pendekatan yang menyenangkan, tematik integratif, kontekstual (membumi), berbasis saintifik, menggunakan perangkat teknologi informasi. Pada setiap akhir tema diselenggarakan Kids Competition, pementasan hasil pembelajaran (Arabic day, English Day, panggung Gembira) agar siswa memiliki rasa percaya diri, berani berbicara/mengkomunikasikan hasil karya, dan berusaha menjadi yang terbaik. Untuk menumbuhkan budaya baca siswa ada gerakan membaca yang diberi label Observing and Describing, DEARS, dan Show and Tell. DEARA (Drop Every Thing and Read in ABFA). Sebagai bagian dari pembelajaran yang kontekstual, setiap semester (6 bulan) siswa diajak melakukan Studi Wisata sesuai dengan tema pembelajaran yang sedang dipelajari siswa. Lebih lanjut, dalam rangka memupuk jiwa kepemimpinan siswa, ABFA Pamekasan mengadakan kegiatan Character Camp.

3. Everyday with Al Qur’an and Dhuha Prayer in congregation.

Di Sekolah ABFA Pamekasan diajarkan membaca Al Qur’an setiap hari sebelum pembelajaran dimulai yaitu diawali dengan Sholat Dhuha berjamaah dan belajar Al-Qur’an dengan durasi waktu 1 Jam 30 Menit, dengan menggunakan metode yang dikembangkan sendiri, yaitu “ABFA bil Qalam” dan dikolaborasi dengan Metode UMMI. Pembelajaran Al Qur’an dirancang dan diselenggarakan secara profesional oleh guru-guru yang memiliki kompetensi khusus dalam pembelajaran Al Qur’an. Pembelajaran Al Qur’an diselenggarakan untuk mengatasi masalah makin langkanya pembelajaran Al Qur’an di masyarakat, padahal setiap umat Islam wajib mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Dengan belajar di Sekolah ABFA Pamekasan Insya Allah semua anak mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, bahkan mampu menghafalnya (minimal tahfidzul Qur’an Juz 30).

4. Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam di Sekolah ABFA Pamekasan diselenggarakan tidak sekedar transfer ilmu agama. Pendidikan Agama Islam lebih ditekankan pada proses habituasi atau pembiasaan amalan-amalan ibadah, antara lain: Penanaman Aqidah Pagi (PAP), Dhuha Morning (DM) yang diakhiri do’a mulai belajar, shalat dhuhur berjamaah yg diakhiri dengan membaca asma’ul husna, shalat ashar berjamaah yg diakhiri dengan do’a pulang bersama, shalat tahajjud, berdo’a dan bermunajat kepada Allah (bagi siswa yang ikut program pondok Darul Qur’an Al-faqih), mengikuti istighotsah, membaca shalawat nabi, puasa ramadhan, puasa senin dan kamis bagi siswa yang mampu, menyampaikan zakat fitrah, mengikuti latihan manasik haji, menyampaikan hewan atau daging kurban bagi fakir miskin pada setiap hara raya Idul Adha, ABFA Peduli, dan mengikuti perayaan hari-hari besar Islam. Semuanya diselenggarakan secara rutin dalam bimbingan wali kelas dengan tujuan mulia, yaitu memproses siswa menuju derajat mulia di sisi Allah (maqaaman mahmudah)

5. Program English Day dan Arabic Day
Program pembelajaran bahasa, terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ditekankan pada pembelajaran percakapan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga lulusan Sekolah ABFA Pamekasan cakap dalam berbahasa Arab dan berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

6. Pembelajaran Ekstrakurikuler
Terdapat banyak pembelajaran ekstrakurikuler yang diselenggarakan, terdiri dari pembelajaran ekstrakurikuler wajib dan pembelajaran esktrakurikuler pilihan. Pembelajaran ekstrakurikuler wajib meliputi pramuka. Sedangkan pembelajaran ekstrakurikuler pilihan terdiri dari tahfidz, tartil Pencak silat, bela diri, seni budaya meliputi seni tari, seni musik, melukis

7. Panggung Gembira. Sebuan even yang dirancang dan didesain untuk menampilkan hasil proses kegiatan ekstra secara kolektif dan masif penuh ceria dan gembira yang disaksikan langsung oleh wali murid, sehingga potensi bakat dan minat anak tersampaikan secara baik dan optimal, kegiatan PG dilaksanakan setiap 1 (satu) semester atau 6 bulan sekali.