Bersedekah dibulan Ramadhan Pahalanya dilipatgandakan

Oleh : Ust. Ridho’ie, S.Pd.I
Guru Bahasa Arab SD Islam Terpadu ABFA Pamekasan

Bulan Ramadhan yang disebut juga bulan Al-Qur’an ternyata banyak mengandung nilai-nilai keistimewaan dan kemuliaan, dan pahala banyak dilipat gandakan. Salah satunya adalah pahala sedekah, memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW akan dilipat gandakan pahalanya.

Bahkan Rasulullah SAW lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan, seperti yang diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus,” (HR. Bukhari, no.6).

Tak hanya itu, Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk bersedekah lebih banyak di bulan Ramadhan.

كل عمل ابن آدم له الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف قال عز و جل : إلا الصيام فإنه لي و أنا الذي أجزي به

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’” (HR. Muslim no.1151)

Begitupun shalat malam yang sama-sama ibadah yang agung di bulan Ramadhan. Shalat malam juga menjadi penghapus dosa-dosa yang telah lalu.

Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW :

من قام رمضان إيماناً واحتساباً غفر له ما تقدم من ذنبه

“Orang yang shalat malam karena iman dan mengharap pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari no.37, 2009, Muslim, no. 759).

Jika puasa, sedekah, dan shalat malam dilaksanakan di bulan Ramadhan, balasannya adalah jaminan surga.

Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

إن في الجنة غرفا يرى ظاهرها من باطنها وباطنها من ظاهرها أعدها الله لمن ألان الكلام وأطعم الطعام وتابع الصيام وصلى بالليل والناس نيام

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946)

Demikian Semoga bermanfaat. Wallahua’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *